Friday, 14 October 2011

MANAJEMEN PERAWATAN & PERBAIKAN 2

1.        Tuliskan penjelasan tentang pengaruh perawatan kapal oleh perusahaan apabila :

a.        Perusahaan tidak melaksanakan perencanaan untuk perawatan kapal-kapalmya (No Planning Policy).
b.        Perusahaan memakai biaya dari optimum cost untuk maintenance system kapal-kapalnya.
c.        Perusahaan memakai perencanaan yang berlebihan (Excees Planning) untuk perawatan kapal-kapalnya.
Jawab :
a.        Perusahaan tidak melaksanakan perencanaan untuk perawatan kapal-kapalmya (No Planning Policy) adalah
-          Tidak tercapai pegoperasian kapal yang teratur serta peningkatan keselamatan awak kapal dan peralatannya akan sangat mempegaruhi system administrasi  pada perusahaan tersebut.
-          Akan menyulitkan para perwira kapal dalam hal merencanakan dan menata kegiatan dengan baik
-          Pekerjaan tidak dapat dilaksanakan secara sistematis dan ekonomis
-          Tidak dapat menjamin kesinambungan pekerjaan perawatan
b.        Perusahaan memakai biaya dari optimum cost untuk maintenance system kapal-kapalnya adalah : biaya yang digunakan dapat mengalami kekurangan karena bukan dari biaya anggaran tetap dalam perusahaan.
c.        Perusahaan memakai perencanaan yang berlebihan (Excees Planning) untuk perawatan kapal-kapalnya adalah :
-          Perusahaan dapat mengalami kerugian yang tidak terduga dari perencanaan yang berlebihan,
-          Pekerjaan kapal tidak akan terlaksana dengan sempurna.
2.        Tuliskan dan jelaskan langkah-langkah upayah apakah untuk meminimumkan biaya perawatan dan perbaikan kapal sehingga kapal-kapal perusahaan dapat terbebas dari off hire condition !
Jawab :
Langkah-langkah untuk mminimumkan biaya perawatan dan perbaikan kapal adalah :
-          Semua pengeluaran yang telah dilakukan oleh kapal dalam proses pengedokan harus dilaporkan kepada manajer armada
-          Biaya harus dikontrol secara priodik
-          Sebaiknya menggunakan anggaran likwiditas anggaran ini harus mencerminkan waktu yang tepat bila biaya-biaya disetujui dan bukan pada waktu biaya dibayarkan.
-          Mendata dengan teliti segala kebutuhan pada saat melakukan perawatan dan perbaikan / pengedokan mengeluarkan biaya sesuai dengan persetujuan pimpinan perusahaan.
-          Membuat tanda terima atau laporan pengeluaran sesuai dengan kenyataan yang menyangkut segala pengeluaran selama perawatan.
3.        Tuliskan langkah-langkah utama sesuai urutannya yang dilaksanakan dalam rangka pengedokkan kapal sesuai peraturan yang ada, mulai dari langkah perencanaannya sampai dengan proses trial dan kalibrasi kompas kapal !
Jawab :
Langkah-langkah utama yang dilaksanakan dalam rangka pengedokkan kapal adalah :
a.        Persiapan oleh perusahaan pelayaran
-          Catatan tertulis spesifikasi terakhir dalam program perbaikan dan galangan kekapal
-          Pengawas dating kekapal sebelum docking
-          Pengangkutan suku cadang, peralatan cat dan sebagainya kekapal.
-          Mendatangkan tenaga-tenaga khusus.
b.        Persiapan diatas kapal
-          Pembagian tugas yang akan dilaksanakan oleh para perwira yang bertanggung jawab untuk melaksanakan pekerjaan
-          Merencanakan kegiatan dikapal selama docking termasuk penjagaan yang perlu.
-          Mempersiapkan daftar sertifikat yang akan diperbaharui
-          Mempersiapkan/memperhatikan pekerjaan-pekerjaan yang akan dibatalkan
-          Peralatan dan perlengkapan khusus harus diperatikan dan diuji
-          Suku cadang harus tersedia atau sudah dipasang
-          Gambar-gambar dan instruksi kerja harus tersedia
-          Memberikan tanda untuk ssetiap komponen yang dimana pekerjaan akan dilaksanakan
-          Membersihkan dan membebaskan dari gas dan membongkar jika perlu.
4.        Tuliskan dan jelaskan tentang perawatan kapal yang memakai system perawatan “Home Doctor” system ! berikan tanggapan saudara atas system ini !
Jawab :
Perawatan kapal yang memakai system perawatan “Home Doctor” system adalah suatu system perawatan dimana perawatan dan perbaikan mesin dan perawatan kapal yang dilakukan oleh tehnition dari darat jadi perawatan ini sangatlah tidak terlalu efesien dan memakan banyak biaya oleh perusahaan pelayaran jika dilakukan pada semua pemeliharaan dan perawatan sebaiknya system ini digunakan jika dikapal pihak kapal sudah tidak mampu melaksanakan perbaikan tersebut atau pekerjaan perbaikan diperuntukan untuk peralatan dan permesinan khusus yang diharuskan diperiksa dan diperbaiki oleh seorang teknisi darat.

No comments:

Post a Comment